Asyiknya Menjadi Mahasiswa Baru

Logo-ISIC-300x166Dunia kampus jauh berbeda dengan kehidupan sekolah. Kamu tidak perlu memakai seragam, jam belajar di kelasnya pun tidak terlalu padat, sampai ruangan yang berganti. Semua itu akan jadi pengalaman pertama bagi yang baru lulus SMA. Nah, sebenarnya gimana sih kehidupan sebagai mahasiswa itu? Yuk bongkar aktivitas kuliah seperti berikut.

Pertama kali menjadi mahasiswa pasti mengalami masa Ospek. Tidak terlalu berbeda jauh dengan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) sewaktu sekolah lalu. Momen untuk mengenal lebih jauh letak-letak strategis kampus, seperti gedung rektorat, tempat ekstrakurikuler, hingga kelas-kelasnya, dan masih banyak lagi. Sekaligus, dapat mengenal senior yang membimbing sepanjang masa penataran tersebut.

Di kampus, kamu bakal bertemu dengan istilah-istilah baru. Contohnya, Kartu Rencana Studi (KRS) adalah jadwal mata kuliah yang akan kamu jalani selama satu semester, Kartu Hasil Studi (KHS) itu seperti rapor yang keluar per semester, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan hasil total nilai kamu, serta Sistem Kredit Semester (SKS) adalah jumlah beban studi mahasiswa.

Oh ya, selama menjadi mahasiswa tentu tidak selalu masuk pada hari Senin sampai Sabtu. Pun, tidak melulu datang ke kampus semenjak jam tujuh pagi dan pulang ketika siang menjelang. Itu yang bikin kehidupan kampus berbeda dengan sekolah. Nah, kamu harus memperhatikan jadwal mata kuliah kamu. Hari dan jam berapa saja waktu kuliahnya.

Selama menjadi mahasiswa, baiknya memanfaatkan waktu kosong dengan join ke ekstrakurikuler atau organisasi. Di setiap kampus, pasti memiliki beragam komunitas kece. Mulai dari yang berminat di bidang olah raga, seni, musik, debat, hingga media kampus dan lain-lain. Pilihan kamu jatuh sesuai passion biar mengembangkan bakat. Soalnya, pengalaman selama bergabung dengan ekskul tersebut bermanfaat ketika sudah lulus.

Yuk, bergabung layaknya mahasiswa lain dari seluruh dunia yang sudah punya kartu ISIC. ISIC itu singkatan dari International Student Identity Card sebagai kartu identitas resmi secara global. Kartunya bisa bikin kamu dapetin diskon buat beli alat pendidikan, kafe buat hang out, sampai ketika traveling. Coba deh ceki website di www.isic.co.id. Oke?

Sumber: http://seputarkampus.com/

Leave a Reply

*

18 − thirteen =

captcha *